TUGAS 2: KERJAKAN SOAL DIBAWAH INI SEBAGAI PENGGANTI PERKULIAHAN

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 34,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.   Membaca adalah suatu kegiatan berbahasa aktif, artinya ....     
A.   tidak sekedar memahami lambang tulis, tetapi juga membangun makna
B.   proses pemahamannya membutuhkan partisipasi aktif pembacanya
C.   dilakukan secara kontinyu dan terstruktur
D.   memahami makna lambang tulis secara berkesinambungan
2.   Hal yang tidak termasuk penyebab terjadinya perbedaan pemaknaan lambang tulis adalah ....     
A.   pengalaman pembaca
B.   kematangan pembaca
C.   latar belakang sosial
D.   kepribadian pembaca

3.   Contoh informasi visual adalah berupa ....
A.   ketajaman mata dalam membaca  pesan
B.   kemampuan menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia
C.   kecepatan membaca teks
D.   kemampuan merekam pengalaman masa lalu

4.   Dalam aktivitas membaca, keberadaan informasi visual dan nonvisual terjalin dalam hubungan yang bersifat ....
A.   horizon
B.   tipikal
C.   insidental
D.   resiprokal

5.   Kecenderungan yang terjadi ketika seorang pembaca sudah memiliki banyak informasi nonvisual adalah bahwa ia akan ....
A.   berusaha memahami setiap pesan yang ada
B.   menyeimbangkan kebutuhan informasi visualnya
C.   berkurang kebutuhan informasi visualnya
D.   memaknai pesan secara seimbang

6.   Pembaca yang belum memiliki informasi nonvisual cenderung akan ....
A.   mengurangi frekuensi membacanya
B.   menambah jumlah bacaannya
C.   sulit memahami isi bacaan
D.   menambah porsi informasi visual sesuai dengan yang dibutuhkannya

7.   Ketika membaca, seseorang perlu mengoptimalkan informasi nonvisualnya, sebab ....
A.   tugas mata hanya menyerap informasi nonvisual
B.   sesuatu yang dicerna oleh pembaca adalah hasil interprestasi otak terhadap pesan, kesan, atau berita yang masuk ke otak
C.   otak berpikir atas dasar kemauan mata dalam melihat objek
D.   persepsi nonvisual hanya meliputi keputusan-keputusan yang terjadi dalam otak
8.   Peristiwa tunnel vision (TV) atau penyempitan pandang, yang mengakibatkan minimnya materi yang diserap, terjadi ketika pembaca....
A.   memanfaatkan sedikit informasi nonvisualnya
B.   tidak memanfaatkan informasi nonvisualnya
C.   memanfaatkan sedikit informasi visualnya
D.   tidak memanfaatkan informasi visualnya

9.   Hal yang menyebabkan terjadinya peristiwa      penyempitan pandang adalah karena      pembaca ....
A.   terpaku pada kegiatan membaca dan hanya memaknai kata demi kata
B.   tidak menggunakan atau memanfaatkan indera mata secara optimal
C.   dalam melakukan kegiaatan membaca, temponya terlalu cepat
D.   kewalahan dengan informasi nonvisualny
10.   Membaca cepat bertujuan agar pembaca .... 
A.   dapat membaca seluruh isi bacaan tanpa ada bagian yang tertinggal
B.   membayangkan atau memvisualisasikan isi bacaan dengan aktivitas nyata
C.   dapat menangkap isi bacaan dengan wktu baca yang minimal
D.   memanfaatkan keterbatasan informasi nonvisualn

11.   Manfaat dijalankannya aktivitas membaca cepat adalah agar .... 
A.   terhindar dari ketidakefektifan membaca bagian bacaan
B.   pembaca dapat menghemat waktu bacanya
C.   otak dapat bekerja optimal dalam mengolah hasil baca
D.   pembaca tidak terpaku pada hal-hal yang detail
12.   Faktor yang mempengaruhi kecepatan membaca adalah ....
A.   jumlah halaman bacaan
B.   minat pembaca dan kesesuaiannya dengan isi bacaan
C.   latar belakang pendidikan
D.   tingkat kesulitan membaca dan tujuan membaca
13.   Kegiatan membaca harus dilakukan secara selektif, sebab ....
A.   daya ingat manusia terbatas dalam merekam semua hal yang tercantum dalam bacaan
B.   otak memiliki kemampuan untuk memperhatikan semua informasi yang tertera dalam tulisan
C.   penggunaan otak harus dihemat dengan cara meminimalkan penggunaan pengetahuan atau pengalaman
D.   analisis informasi visual harus dilakukan secara maksimal untuk menggugah prediksi
14.   Cara membaca yang efisien adalah dengan jalan ....
A.   membaca semua huruf dan tanda baca
B.   membaca bagian bacaan yang memuat informasi yang dicari dan diperlukan
C.   membaca bagian bacaan yang sudah dipahami atau yang sudah tidak diperlukan
D.   mengingat hubungan antara bacaan dengan kejadian sebenarnya
15.   Kegiatan prabaca ditujukan untuk ....
A.   memilah bagian-bagian yang dianggap penting saja
B.   mengidentifikasi dan mengenali topik atau gagasan bacaan, serta pengorganisasiannya
C.   memperkirakan waktu baca yang ideal
D.   menyusun langkah-langkah tertentu setelah bacaan selesai dibaca
16.   Untuk memantau pemahaman materi bacaan yang tidak hanya bersifat ingatan saja, perlu diupayakan untuk ....
A.   menggunakan pertanyaan pemandu
B.   mengajukan pertanyaan penghubung
C.   melakukan dialog internal
D.   memperkuat pemahaman
17.   Dalam merekam dan mengorganisasikan hasil baca, teknik yang tidak bisa digunakan adalah teknik....
A.   kerangka bacaan (outlininga)
B.   pemetaan (mapping)
C.   rujukan (summarizing)
D.   menggabungkan (merge)
18.   Metode SQ3R adalah sebuah metode yang terdiri dari langkah-langkah ....
A.   Source (sumber), Question (bertanya), Recite(mengutarakan kembali), Read(membaca), dan Review (mengulang kembali)
B.   Survey (penelaahan pendahuluan), Question (bertanya), Read (membaca), Recite(mengutarakan kembali), dan Review (mengulang kembali)
C.   Simpilicity (membaca simpel), Quantity (kuantitas halaman), Recite (mengutarakan kembali), Read (membaca), Review (mengulang kembali)
D.   Survey (penelaahan kembali), Quality (kualitas materi), Recite (mengutarakan kembali), Read (membaca), Review (mengulang kembali)
19.   Manfaat metode SQ3R adalah untuk ....
A.   membantu pembaca dalam menentukan bacaan yang sesuai dengan keperluannya
B.   menentukan topik-topik yang perlu dibaca oleh pembaca
C.   menelaah bagian-bagian bacaan yang tidak diperlukan untuk dibaca
D.   membagi bacaan ke dalam beberapa bagian yang vital
20.   Hubungan teknik membaca cepat dengan metode SQ3R adalah ....
A.   metode SQ3R dapat mengatur kecepatan membaca seseorang, sesuai dengan kebutuhan setiap bagian bacaan
B.   teknik membaca cepat sangat tergantung pada esensi metode SQ3R
C.   metode SQ3R dipakai apabila materi bacaan bersifat ilmiah
D.   kecepatan membaca seseorang bergantung pada kemampuannya dalam menguasai metode SQ3R
21.   Manfaat yang tidak diperoleh pembaca dalam kaitannya dengan membaca cepat adalah pembaca tidak dapat ....
A.   mengenali topik bacaan
B.   mengetahui opini orang lain
C.   melakukan organisasi penulisan
D.   mendapatkan bagian penting yang diperlukan
22.   Jika jumlah kata dalam bacaan adalah 2.000 kata dan waktu yang dibutuhkan adalah 200 detik, maka kecepatan baca orang tersebut adalah ....
A.   100 kpm
B.   400 kpm
C.   600 kpm
D.   660 kpm
23.   Kegiatan yang berupa upaya untuk mengambil intisari suatu bacaan, ide pokok atau detail penting disebut ....
A.   breaking
B.   grading
C.   scanning
D.   skimming
24.   Teknik membaca cepat untuk memperoleh informasi tanpa membaca yang lain, disebut....
A.   scanning
B.   timing
C.   skimming
D.   reading
25.   Kegiatan melatih gerak mata agar jangkauan bacanya semakin luas  dan kecepatan pengalihannya semakin tinggi, disebut ....
A.   indeksasi
B.   duplikasi
C.   fiksasi
D.   implikasi
26.   Menurut Keraf (1997:3-6), salah satu fungsi bahasa adalah sebagai alat ekspresi, artinya bahasa merupakan ....
A.   alat untuk mengungkapkan gagasan atau ide dan perasaan
B.   sarana untuk memvisualisasikan pesan tulis
C.   bahan pelengkap informasi
D.   media untuk menyampaikan pesan
27.   Semakin tinggi kemampuan berbahasa seseorang, semakin tinggi pula kemampuan berpikirnya. Sejurus dengan pernyataan itu, semakin ....
A.   banyak kosakata yang dikuasai, semakin tinggi pula intelektualisasinya
B.   teratur bahasa seseorang, semakin teratur pula proses berpikirnya
C.   beragam ilmu yang dikuasainya, semakin kuat dalam mempertahankan pendapat
D.   semakin luas wawasan keilmuannya, semakin kuat dalam mempertahankan pendapat
28.   Ciri tulisan ilmiah adalah ....
A.   bersifat metodis-sistematis, merupakan pembahasan hasil penelitian, dan menggunakan ragam bahasa ilmiah
B.   berdasarkan hasil pengalaman, terkontrol, dan tugas
C.   subjektif, strategis, dan ambigu
D.   berlaku umum, sistematis, dan menggunakan tatakalimat ilmiah
29.   Tulisan ilmiah menuntut hadirnya persyaratan ....
A.   formal dan substansial
B.   insidental dan informal
C.   substansial dan tipikal
D.   material dan formal
30.   Persyaratan formal sebuah tulisan ilmiah adalah berupa ....
A.   topik yang dibicarakan
B.   tema yang menjadi sasaran tulisan
C.   alinea yang merangkai pokok pembicaraan
D.   tatabentuk karangan
31.   Unsur pembeda berikut ini tidak termasuk dalam perbedaan antara karya ilmiah dengan karya ilmiah populer. Yaitu ....
A.   keduanya sama-sama terdiri dari tiga bagian utama, yaitu daftar isi, isi, dan daftar pustaka.
B.   karya ilmiah memenuhi persyaratan formal.
C.   karya ilmiah populer tidak perlu memenuhi semua persyaratan formal.
D.   karya ilmiah harus memenuhi persyaratan teknis berupa kutipan, catatan kaki, dan daftar pustaka.
32.   Dari jenis tulisan berikut, yang bukan merupakan karya ilmiah adalah ....
A.   feature
B.   skripsi
C.   jurnal
D.   makalah
33.   Pada prinsipnya, kutipan tidak ditujukan untuk ....
A.   menghemat waktu karena tidak perlu mengadakan penelitian lagi
B.   meyakinkan pembaca bahwa rujukan yang dipakai berasal dari pakar-pakar terkenal
C.   memperkuat argumen yang dikemukakan dalam karya ilmiah
D.   menuliskan pendapat (lisan atau tertulis) orang lain pada karya ilmiah kita dengan jalan meminjamkannya atau mengutipnya
34.   Hal berikut ini yang tidak termasuk fungsi notasi ilmiah, yaitu untuk mengidentifikasikan ....
A.   orang yang membuat pernyataan
B.   media komunikasi yang memuat pernyataan
C.   lembaga yang menerbitkannya
D.   tempat orang tersebut menyampaikan pernyataannya
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   35   SAMPAI  45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!        
35.   Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan membaca adalah  ....
1)   minat
2)   waktu
3)   pengalaman
36.   Yang termasuk langkah-langkah penting dalam membaca adalah ....
1)   prabaca dan prediksi
2)   memfokuskan kegiatan membaca
3)   mengukur pemahaman terhadap isi bacaan
37.   Kegiatan prabaca yaitu kegiatan yang berupa ....
1)   mencermati judul untuk memberikan gambaran tentang keseluruhan topik
2)   membaca alinea atau kalimat pertama di bawah judul, yang merupakan label atau topik yang menggambarkan isi bab
3)   membaca simpulan atau akhir paragraf yang berisi inti materi

38.   Rencana baca adalah kegiatan yang bertujuan ....
1)   menetapkan tujuan membaca
2)   memantau pemahaman hasil baca
3)   memilih strategi membaca yang sesuai
39.   Untuk memfokuskan proses baca, dapat dilakukan dengan cara ....
1)   menetapkan identitas bacaan
2)   menyusun pertanyaan pemandu
3)   memilih strategi bacaan
40.   Kriteria pembaca cepat yang baik apabila seorang pembaca ....
1)   mampu menguasai materi bacaan minimal 60%
2)   kecepatan bacanya konstan
3)   ketika membaca diimbangi dengan kemampuan pemahaman yang baik
41.   Hal yang termasuk dalam tujuan utama membaca cepat, yaitu ....
1)   mencari informasi dalam waktu singkat
2)   memperoleh kesan umum bacaan
3)   menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan
42.   Kegiatan berikut ini yang termasuk dalam kategori scanning adalah mencari ....
1)   nomor telepon
2)   angka statistik
3)   acara siaran TV
43.   Kalimat berikut yang mengandung istilah ilmiah, yaitu kalimat ....
1)   Bahan baku tas itu sifatnya elastis
2)   Oleh yang berwajib, ia dikira mencuri mobil
3)   Influenza disebabkan oleh berkembangnya virus dalam tubuh
44.   Contoh kalimat yang baik dan benar adalah ....
1)   Setiap mahasiswa diwajibkan membayar biaya kuliah tepat pada waktunya
2)   Ketika ujian, mahasiswa dilarang melakukan tindakan curang
3)   Metode belajar yang baik, dapat diterapkan oleh mahasiswa yang akan menghadapi ujian semester
45.   Fungsi catatan kaki adalah untuk ....
1)   menunjukkan tempat yang dikutip
2)   menguatkan pendapat yang dikemukakan
3)   dijadikan tempat memberikan komentar terhadap suatu pendapat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KULIAH BAHASA INDONESIA