klasifikasi pelabuhan pengepul, Rencana pembangunan pelabuhan niaga di Dusun Gelon, Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan

Pacitannews-Rencana pembangunan pelabuhan niaga di Dusun Gelon, Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, sepertinya harus tertunda. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, selaku liding sektor dari kegiatan tersebut menyatakan, pemerintah pusat menginginkan adanya redesign dari kegiatan yang sudah dirancang sejak era pemerintahan Bupati, H. Suyono tersebut. “Mungkin agak sedikit terlambat, proses pembangunannya. Sebab masih harus dilakukan redesign,” terang Widi Sumardji, Kepala Dishubkominfo, Pacitan, Senin (5/1).

Menurut mantan Kasatpol.PP itu, merujuk hasil rapat koordinasi dengan kementerian terkait, proyek pelabuhan niaga di Pacitan, bakal mengalami perubahan klasifikasi. Yang semula hanya sebagai pelabuhan pengumpan, namun seiring obsesi Presiden Joko Widodo, membangun poros maritim dengan tol laut yang menghubungkan Pulau Jawa, Sumatera hingga ke China, klasifikasi pelabuhan niaga di Pacitan dirubah menjadi pelabuhan pengepul. “Karena itu perlu dilakukan redesign agar sesuai klasifikasinya,” jelas Widi, kemarin.
Dengan peningkatan klasifikasi tersebut, tentu diperlukan perencanaan ulang. Sebab klasifikasi pelabuhan pengepul, tentu akan banyak kapal-kapal berkapasitas besar yang bersandar. Lebi lanjut, Widi, mengatakan, survey investigaasi design (SID), sudah pernah dilakukan. Pun rencana induk pelabuhan (RIP) juga sudah ditetapkan. “Sehingga saya optimistis, proyek pelabuhan terus berlanjut. Hanya waktunya, mungkin sedikit molor lantaran harus ada redesign tersebut,” sebutnya.
Sementara itu, Pelaksana Jalan Nasional, Gelonggong-Pacitan-Hadiwarno-Perbatasan Kabupaten Trenggalek, Suyatni, mengatakan, sekalipun akses jalan strategis nasional menuju Pantai Klayar, batal dibangun, namun akses jalan menuju pelabuhan niaga tetap dilanjutkan pada Tahun Anggaran 2015 ini. Menurutnya, proses tender sudah dilaksanakan. “Tanggal 14 nanti, sudah dilaksanakan pembukaan penawaran,” sebut Suyatni. (yun).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KULIAH BAHASA INDONESIA